Bermain Lego-Legoan

008

Sebelumnya saya pernah menulis tentang manfaat bermain lego-legoan, ini dia sebagian besar isi tulisannya:

1. Mengasah kreativitas

Awalnya Rayyaan baru bisa menumpuk lego-legoannya saja. Sedikit demi sedikit Rayyaan mulai bisa membuat bentuk-bentuk lain. Walau kelihatannya masih abstrak alias belum jelas bentuknya he he, at least lego-legoannya tidak cuma disusun ke atas begitu saja. Kalau ditanya itu bentuk apa, jawabannya “tutut api” (kereta api) he he.

2. Melatih motorik halus

Dulu Rayyaan masih butuh bantuan untuk menyusun lego-legoannya. Saat itu tangannya belum cukup kuat untuk menekan lego-legoannya hingga menyatu. Selain itu iya juga masih kesulitan menyatukan dua lego-legoan hingga pas terpasang. Sekarang tangannya sudh lebih kuat dan lebih mudah baginya untuk menyusun lego-legoan. Ternyata ini merupakan proses perkembangan motorik halus juga. Jika anak sudah lebih besar, lego-legoan yang berukuran lebih kecil bahkan mungil juga bisa lebih mengembangkan lagi motorik halusnya.

3. Melatih kecerdasan matematika

Saat membuat atau membangun suatu bentuk dengan lego-legoannya, tanpa sadar anak belajar pecahan dan pembagian. Iya juga ya, lego-legoan kan ada tonjolan-tonjolannya tuh. Saat menyusun lego-legoannya, terkadang hanya separuh atau seperempat jumlah tonjolannya yang terpasang. Selain itu anak juga belajar jadi insinyur cilik dengan membangun berbagai bentuk tiga dimensi.

4. Melatih kemampuan memecahkan masalah

Rayyaan terkadang suka upset kalau ada lego-legoan yang tidak pas terpasang. Kalau sudah ngambek, Mamanya harus turun tangan deh he he. Tapi sedikit demi sedikit Rayyaan belajar sendiri kira-kira yang mana yang bisa pas terpasang ya? Apakah lego-legoan yang besar, yang sedang, atau yang kecil? Nah, tanpa sadar Rayyaan jadi belajar memecahkan masalah.

5. Belajar bekerja sama

Kalau Rayyaan sudah punya adik, sepertinya nggak lantas perlu beli lego-legoan baru kan ya. Jumlahnya kan cukup banyak, jadi bisa main sama adik he he. Saat di rumah Eyang, Rayyaan juga pernah main lego-legoannya Kakak Bumi dan Kakak Bimbim. Saat main bersama, anak jadi belajar bekerja sama membuat sesuatu, juga belajar berbagi mainan. Ayo, siapa mau main lego-legoan dengan Rayyaan?

007

Nah kalau boleh ditambahkan dari sumber yang lain, manfaat bermain lego-legoan yaitu:

1. Merangsang motorik halus.
2. Melatih konsentrasi.
3. Melatih memecahkan masalah.
4. Membantu memperkenalkan warna.
5. Melatih kecerdasan visual-spatial.

Sumber:

1. 10 Benefits to Play with LEGOs – Outside the Brick.
2. BubbaGame – Ewa Molika Sitompul.
3. Deteksi Minat Bakat Anak – Andin Sefrina.
4. What are the Benefits of Learning with LEGOs? – eHow.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s