Bermain dengan Peralatan Makan dan Minum

004
Salah satu cara melatih kecerdasan visual-spatial anak adalah dengan memperkenalkan benda-benda di sekitar kita pada anak. Benda apa yang yang sering dipakai dan dilihat anak? Pastinya banyak dong, diantaranya adalah peralatan makan dan minum. Sambil menemani makan dan minum kita memang bisa mengenalkan nama-nama benda tersebut pada anak. Tapi menyediakan waktu khusus untuk mengenalkan nama-nama benda tersebut pada anak sambil bermain juga menyenangkan. Kemarin saya menyiapkan piring, mangkuk, gelas, garpu, dan sendok masing-masing dua buah. Saya sebutkan satu per satu namanya dan Rayyaan menirukan. Lalu ia menyusun peralatan tersebut. Susun-menyusun benda juga bagus untuk perkembangan kecerdasan visual-spatialnya.

003
Setelah menyusun peralatan makan dan minumnya, saya mengajak Rayyaan melakukan permainan lain. Apa itu? Saya mengambil sebuah sendok dan menyebutkan namanya, lalu meminta Rayyaan mengambil benda serupa yaitu sendok yang berukuran lebih kecil. Saya lakukan juga untuk benda yang lainnya. Kelihatannya sederhana tapi ini bisa melatih kecerdasan logika-matematikanya, lewat permainan mencari benda yang sama atau serupa.

002
Setelah melakukan kedua kegiatan saya tidak mengharapkan Rayyaan langsung hafal semua nama peralatan makannya. Tentunya perlu diajarkan secara berulang-ulang. The point is to have fun sambil memberi rangsangan positif untuk melatih kecerdasan anak.

001

Tinggalkan Balasan

