Sholat Yuk!

cats
Salah satu kebahagiaan orang tua termasuk saya adalah saat melihat balitanya tumbuh dan berkembang. Setiap hari selalu ada hal-hal yang baru, mengejutkan, membahagiakan, dan kadang-kadang membuat terharu, sering juga membuat geregetan he he. Salah satu perkembangan yang membuat terharu adalah saat Rayyaan mau menirukan gerakan sholat. Sebenarnya saya dan Papanya tidak pernah secara khusus mengajarkan gerakan sholat padanya. Kami hanya menggelarkan sebuah sajadah untuknya saat kami sholat. Terkadang ia mau mengikuti gerakan sholat selama satu rakaat. Terkadang ia ngumpet di balik mukena saya atau memeluk kaki Papanya selama beberapa saat. Terkadang ia hanya memperhatikan saya atau Papanya yang sedang sholat, terkadang ia cuek dan hanya bermain sendiri. Tapi inilah cara kami mengenalkan sholat kepadanya, tanpa cara canggih apalagi paksaan.

Sholat 004

Sholat di musholla di sebuah pusat perbelanjaan

 

Hal yang lebih mengharukan terjadi bulan lalu, tepatnya tanggal 23 Oktober. Saat itu saya sedang berdua saja dengan Rayyaan karena Papanya sedang dinas luar. Setelah sholat bersama saya Rayyaan tiba-tiba melakukan gerakan sholat sendiri, mulai dari posisi seperti saat sedang membaca niat sholat, lalu gerakan takbiratul ihram, bersedekap, ruku, i’tidal, dan sujud. Cepat-cepat deh saya foto untuk kenang-kenangan he he. Karena masih kecil, jadi gerakannya terlihat lucu dan menggemaskan. Gerakan ruku’nya sambil nungging-nungging, dan sujudnya seperti sedang tidur tengkurap he he.

Mungkin terdengar lebay tapi saya benar-benar takjub melihat Rayyaan saat itu. Jadi tidak pas memang kalau ada yang berkata balita itu belum mengerti apa-apa. Sebaliknya, mereka seperti spons yang menyerap apa saja. Rayyaan sayang, terima kasih ya karena segala tingkah polahmu yang lucu dan menggemaskan selalu membawa kebahagiaan bagi Mama dan Papa. Juga sebagai pengingat agar Mama dan Papa selalu belajar supaya bisa menjadi orang tua yang lebih baik dan bisa menanamkan serta memberi contoh positif bagi Rayyaan termasuk dalam pendidikan agama Islam.

20141116_121056

Sholat dengan Papa sebelum pergi jalan-jalan

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku – QS Ibrahim : 40.”

Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away “SAAT TUMBUH KEMBANG BALITAKU BALITAMU”.

Iklan

12 pemikiran pada “Sholat Yuk!

  1. Alhamdulillah Rayyaan sdh mulai tahu gerakan sholat dr usia dini mak… tdk benar bl org mengatakan balita tdk tahu apa2, krn masa itu adalah masa keemasan dimana semua yg dia lihat & dengar akan tersimpan kuat dlm memorinya…
    Terimakasih sdh berbagi cerita ttg Rayyaan yg sholeh utk meramaikan GA sy makkkk..
    Titip peluk cium utk Rayyaan…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s