Mana Gambar yang Sama?

001

Kartu gambar bis tingkat nih

Gambar bertema apa yang jadi favoritnya Rayyaan? Ya yang bertema alat transportasi. Sabtu lalu saat belanja mingguan kebetulan nemu flash card bergabar alat transportasi di Hypermart, tepatnya di rak-rak bagian alat tulis. Jumlahnya 8 pasang kartu bergambar double decker, truk, mobil, delman, sepeda, becak, motor, dan pesawat terbang.

 002

Mana ya gambar yang sama?

Kartu-kartu berpasangan ini menurut keterangannya bisa digunakan untuk permainan mencocokkan gambar dan permainan yang mengasah memori. Yang sudah dimainkan Rayyaan adalah mencocokan gambar. Jadi saya atau Papanya meletakkan 8 kartu gambar berbeda dengan secara berjejer dan Rayyaan yang meletakkan kartu pasangannya (dengan gambar yang sama) di atas kartu-kartu tersebut.

Nah itu dia gambar yang sama!

Nah itu dia gambar yang sama!

Untuk permainan mengasah memori lebih cocok untuk anak yang lebih besar (5 tahun ke atas). Caranya adalah dengan menyusun kartu-kartu tersebut. Menyusunnya tidak asal susun. Supaya lebih mudah, kartu-kartunya dibariskan, 4 ke samping dan 4 ke bawah seperti tabel 4×4. Beri waktu agar anak mengamati susunan kartunya, lalu balik/tutup kartu-kartunya. Tugas anak adalah membuka satu kartu, lalu berusaha mengingat di mana posisi pasangannya. Begitu seterusnya sampai semua pasangan kartunya ditemukan. Untuk anak yang lebih kecil bisa dicoba dengan 4 kartu terlebih dulu (gonna try this with Rayyaan).

008

Apakah kartu-kartu tersebut hanya bisa digunakan untuk kedua jenis permainan itu saja. Tentu tidak. Sebenarnya ada banyak variasi permainan dengan flash card yang bisa dicoba. Misalnya kita menyembunyikan sebagian kartu dan anak harus menemukan kartu pasangannya. Kartu-kartu tersebut juga bisa dicampur aduk dan anak diminta mengambil kartu yang kita sebut namanya. Atau menempelkan kartu-kartu tersebut di dinding dengan tack it, lalu anak berlari menghampiri kartu yang kita sebut. Jika tidak punya kartu yang gambarnya berpasangan, kita juga bisa mencetaknya sendiri dengan printer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s