Bermain Karpet Puzzle

004
Karpet puzzle itu menarik dan aman untuk anak-anak (soalnya empuk he he). Tapi kalau anak makin besar, resikonya adalah itu karpet dipreteli sama anak. Ya sebenarnya itu juga salah satu kelebihannya si, namanya juga karpet puzzle, memang bisa dijadikan mainan bongkar pasang. Yang jadi masalah kalau bagian-bagiannya disebar kemana-mana ha ha. Karpet puzzlenya Rayyaan sempat disimpan di atas lemari. Kondisinya ya ada bagian-bagian yang sudah ntah ke mana. Kemungkinan besar sih ya tercampur dengan mainan lain di kotak penyimpanan, tapi Mamanya nyariin hi hi.

Mungkin karena itu juga ya saya malas membelikan puzzle untuk Rayyaan. Kalau dari karton pasti gampang nyelip deh hu hu. Paahal sebenarnya puzzle itu pemainan yang bermanfaat untuk anak, bisa melatih kecerdasan visual-spatial, logika-matematikal, juga kinestetik. Soalnya puzzle kan warna-warni dan bentuknya menarik, meski bentuknya masih sederhana tapi bisa melaih daya pikir anak saat mencari potongan puzzle yang tepat, dan saat menggabungkan puzzlenya itu bisa melatih motorik skillnya.

005

Nah akhirnya si karpet ini dimanfaatkan lagi deh. Cari karpet bergambar mobil-mobilan yang masih utuh bagian-bagiannya. Setelah printilan-printilannya saya lepas, saya minta Rayyaan memasangnya kembali. Tapi kalau Rayyaan ada kesulitan mencari bagian dan memasangnya, saya masih membantunya. Karpet puzzle dengan tema angka masih lebih mudah dipasang. Dan saat bermain karpet puzzle angka ini saya mendapat kejutan membahagiakan, ternyata Rayyaan sudah tahu mana angka 5 dan mana angka 7 (kebetulan karpet bergambar 2 angka itu yang saya gunakan). Lucunya ia menyebut ‘5’ dengan ‘faiz’ (maksudnya ‘five’) dan ‘7’ dengan ‘tujuh’. Lho kok campur-campur, Nak he he. Selama ini memang ia sudah bisa menyebutkan 1 sampai 10, tapi saya nggak pernah ‘ngetes’ apakah dia tahu ‘satu’, ‘dua’, ‘tiga’, dst itu yang man. Ya belajarnya Rayyaan memang main-main aja hi hi. Maksudnya mainnya in syaa Allah meaningful tapi tanpa paksaan atau harus langsung bisa begini-begitu. Intinya berusaha memberi stimulus positif saja deh bagi si jagoan berusia 24 bulan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s