Bermain ABACA Flash Card Seri Bahasa Inggris

033

Sibuk mencari benda yang serupa dengan yang ada di kartu

Rayyaan punya mainan baru nih, yaitu ABACA Flash Card. ABACA itu apa ya? ABACA itu flash card atau kartu untuk belajar anak usia balita sampai SD. Salah satu serinya adalah seri untuk belajar Bahasa Inggris. Dari kemasannya saja sudah membuat Rayyaan tertarik, soalnya banyak gambar mobil-mobilan dan kuenya. Gambar mobil dan kue itu adalah bagian dari permainan yang ada di ABACA Seri Bahasa Inggris. Konsep ABACA memang mengajak anak belajar lewat permainan. Belajarnya juga harus didampingi orang tua. Lebih tepatnya, orang tua harus berperan aktif dan antusias mengajak anak bermain. Karena anak bisa lebih mudah mempelajari sesuatu lewat permainan dan interaksi dengan orang tuanya.

011

Kosakata apa yang dipelajari anak lewat ABACA Seri Bahasa Inggris? Ada 64 kartu berisi kosakata dengan tema benda-benda di dalam rumah yang dikelompokkkan ke dalam 5 kotak. Pada kartu tersebut ada cara pengucapan (fonetik) sehingga baik anak dan orang tua bisa belajar mengucapkan nama benda-benda tersebut dengan benar. Selain kartu-kartu tersebut, ada lembar permainan dan reward sehingga anak lebih semangat bermain. Dalam kemasan juga disertakan cara bermain dengan ABACA Seri Bahasa Inggris. Meski harganya terjangkau (Rp 47.900/seri) kualitas gambar dan cetakannya bagus dan mengkilap.

012

Mengapa harus belajar lewat permainan? Karena dalam teori otak, saat kita¬†mengenalkan sebuah kosakata baru pada anak, maka otak akan membentuk sinapsis (sambungan antar sel syaraf). Ketika kita mengulanginya lagi, sinapsis tersebut menjadi lebih tebal. Makin kuat sambungan sinapsisnya, maka anak akan mampu mempelajari bahasa lebih cepat dari yang kita bayangkan. Permainan pada ABACA Seri Bahasa Inggris membantu kita menjalin komunikasi dua arah dalam Bahasa Inggris sederhana dengan anak. Jika komunikasi terjalin, membentuk dan mempertebal sinapsis akan lebih mudah dilakukan, jauh berbeda dengan sekedar mengajarkan hafalan kata benda saja tanpa “real communication”. Karena inti dari belajar bahasa adalah terbangunnya komunikasi dalam bahasa asing, bukan sekedar hafalan kosa kata.

013

 

Jika anak belum mau mengikuti tata cara permainan dalam ABACA Seri Bahasa Inggris tidak mengapa. Yang lebih utama adalah anak bermain dengan enjoy dan waktunyapun tidak perlu berjam-jam. Cukup 10-15 menit per hari kecuali anak yang meminta bermain lebih lama. Yang Rayyaan suka lakukan adalah mencari benda yang sama dengan yang ada di ABACA Seri Bahasa Inggris. Supaya kartunya tidak mudah tercecer, saya batasi dulu hanya isi kotak/box 1 yang dikeluarkan. Sambil saya bertanya “What is it?” dan mengenalkan “It’s a/an…”, saya mengajak Rayyaan mencari benda yang serupa, masih menggunakan Bahasa Inggris sederhana. Isi box 1 adalah benda-benda yang ada di dalam kamar tidur. Lihat deh, kartunyapun diletakkan Rayyaan di atas benda-benda yang ada di kamar tidur. Ingin belajar Bahasa Inggris dengan ABACA Flash Card juga? Silakan hubungi Gerai Rayyaan ya.

REAL PIC ABACA ENGLISH

Sumber:

http://abaca-flashcard.com/
https://www.facebook.com/GeraiRayyaan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s