Belajar Bentuk dengan Shape Sorter

007

Bintang, segitiga, segiempat, lingkaran, ada berbagai bentuk yang bisa dipelajari anak balita. Selain belajar lewat buku, flash card, atau mengamati berbagai benda yang ada di sekelilingnya, balita juga bisa belajar bentuk lewat mainan shape sorter. Ada berbagai bentuk shape sorter, misalnya kotak dengan lubang berbagai bentuk, ada juga kereta api dan mobil-mobilan yang ada lubangnya. Shape sorter yang Rayyaan punya adalah yang berbentuk bola yang bisa ‘dibelah’, dan ada lubang berbagai bentuk di permukaannya.

Rayyaan pertama kali dikenalkan permainan shape sorter saat usianya kurang lebih 14 bulan. Awalnya tentu saja ia belum langsung bisa memasukkan balok plastiknya ke dalam lubang yang benar. Saya masih harus menunjukkan mana lubang yang pas dengan baloknya dan untuk memasukkannyapun masih dibantu. Secara bertahap ia bisa memasukkan balok plastik ke lubang yang benar, dimulai dari beberapa bentuk yang lebih mudah diingat seperti lingkaran dan segiempat. Sekarang Rayyaan sudah bisa memasukkan semua baloknya ke lubang yang tepat.

008

Ada dua buah shape sorter yang Rayyaan punya. Yang pertama bolanya berwarna biru dan hijau, merk Fun Time dengan 12 lubang di permukaannya. Bola shape sorter ini satu paket dengan sebuah bola kecil yang bisa dibongkar pasang seperti pada gambar. Shape sorter milik Rayyaan yang lain ada di rumah Eyang. Yang ini harganya lebih murah, namun kekurangannya adalah plastiknya lebih tipis dan mudah pecah, serta pinggiran lubang dan baloknya agak tajam. Ukuran lubang dan baloknya juga lebih kecil.

001

Jenis mainan shape sorter sudah bisa dikenalkan sejak usia 12 bulan. Shape sorter yang bahannya lebih bagus memang harganya lebih mahal. Namun untuk anak yang masih suka memasukkan sesuatu ke mulutnya sebaiknya hindari shape sorter yang ukuran baloknya kecil dan pinggirannya tajam untuk menghindari tertelan atau si kecil terluka. Manfaat bermain shape sorter adalah balita belajar memilah dan mengelompokkan benda berdasarkan karakteristik yang sama. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain shape sorter bagi balita:

003

1. Belajar Bentuk dan Warna

Fungsi utama shape sorter adalah agar balita belajar bentuk dan warna. Sebagian besar shape sorter memiliki bentuk-bentuk dasar seperti kotak, lingkaran/bulat, segitiga, dan segiempat. Selain itu ada juga bentuk tingkat lanjut seperti segilima, segi enam, bintang, elips, sabit, bahkan segidelapan. Warna balok-balok tersebutpun beragam, supaya balita belajar bahwa ada berbagai macam bentuk dan warna. Permainan ini mengajarkan balita kemampuan untuk mengenali karakteristik visual suatu benda.

2. Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Memecahkan masalah adalah keterampilan yang harus dipelajari seumur hidup dan harus dimulai sejak dini. Lewat shape sorter, balita belajar mencari solusi untuk sebuah masalah sederhana. Ia mencoba memasukkan sebuah balok ke dalam sebuah lubang dan jika tidak pas/tidak cocok, ia akan mencoba bentuk lain sampai menemukan lubang yang tepat. Balitapun tertantang untuk menemukan lubang yang tepat untuk setiap balok. Permainan ini memicu rasa ingin tahunya, juga menguji kesabarannya.

3. Belajar tentang Sebab-Akibat

Permainan ini mengajarkan balita tentang sebab dan akibat dari tindakannya. Mendorong sebuah balok melewati lubang dan melihatnya menghilang/jatuh ke bagian dalam bola, ia menyadari kalau sudah memilih balok/bentuk dan lubang yang benar, dan selanjutnya mengambil balok lain dan mencari lubang yang tepat. Lewat permainan ini balita belajar membuat keputusan, mengambil tindakan, mengamati hasilnya dan familier dengan pilihan yang benar dan salah.

4. Meningkatkan Perkembangan

Bermain shape sorter baik untuk perkembangan balita, misalnya untuk keterampilan motorik halus dan koordinasi mata-tangannya. Balita menggunakan tangan dan jarinya untuk memegang dan mengeksplorasi benda. Ia juga menggunakan matanya untuk menganalisa batas-batas sebuah bentuk dan lubang pada shape sorter. Kegiatan ini melatih dan mempersiapkan balita untuk melakukan tugas sehari-hari seperti menggengam krayon untuk menggambar dan memegang sendok untuk makan.

Sumber:

Parenting.com
Childdevelopmentinfo.com
Learntoplaytoys.com

 

Iklan

2 pemikiran pada “Belajar Bentuk dengan Shape Sorter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s