Memancing Ikan Warna-Warni

001

Bongkar mainan lama! Ada mainan yang dulu pernah saya buat untuk Rayyaan dan masih tersimpan sampai sekarang di rumah Eyang. Mainan apa itu? Mainan pancing-pancingan. Pancingnya terbuat dari sumpit, benang kasur, stik es krim, dan magnet. Sementara ikan-ikannya terbuat dari kokoru paper warna-warni yang digunting dan ditempeli magnet dan mata. Meski ikannya tak lagi lengkap tapi masih bisa untuk main pancing-pancingan. Mau tahu apa yang seru dari permainan ini?

004

1. Melatih imajinasi.
Dengan permainan ini anak berimajinasi seolah sedang memancing di kolam, sungai, atau di laut. Agar terasa lebih riil, kita bisa membuat kolam-kolaman sederhana dengan menggunakan kertas atau kain berwarna biru. Kebetulan Rayyaan punya playmat yang bergambar sungai, jadi saya gunakan saja playmat itu. Tapi Rayyaan lebih suka memancing di lantai. Selain itu ia juga suka menggerak-gerakkan ikannya seolah ikannya sedang berenang. Mengasah imajinasi ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan memecahkan masalah.

2. Ayo memancing!
Memancing ikan-ikanan ini baik untuk mengasah kemampuan motorik halus, melatih konsentrasi, fokus, dan kesabaran.

b 001

3. Mengenal warna.
Karena ikannya berwarna-warni, permainan ini bisa saya gunakan untuk mengenalkan warna pada Rayyaan. Kalau dulu Rayyaan belum bisa menyebutkan warna-warnanya, sekarang sudah bisa. Yay!.

4. Mengenal angka.
Kita juga bisa menuliskan angka di balik ikan-ikanan ini. Saat si kecil menangkap seekor ikan, sebutkan ikan nomor berapa yang ia tangkap. Setelah selesai memancing, hitung ada berapa ikannya. Meskipun anak belum bisa berhitung atau belum bisa menyebutkan angka secara sempurna, permainan ini bisa metode yang menyenangkan untuk mengenal angka. Selain ditulisi angka, ditulisi huruf juga bisa.

003

5. Mengenal kata baru.
Ini lebih cocok untuk anak yang sudah besar. Saat mengajar dulu, permainan ini pernah saya gunakan untuk mengenalkan kosakata baru pada murid-murid. Caranya kurang lebih sama dengan pengenalan angka, kita bisa tulis kata yang ingin kita perkenalkan di balik ikannya. Nah, ini yang mau saya coba.

6. Mengenal ukuran.
Ikan-ikan yang saya buat ukurannya hampir sama semua. Sebagai alternatif, kita bisa membuat ikan dalam dua ukuran untuk mengenalkan pada anak kata sifat ‘besar’ dan ‘kecil’.

b 001

7. Awas, ada hujan ikan!
Kalau yang ini benar-benar untuk seru-seruan saja. Karena ikannya banyak, kami buat hujan ikan. Jadi deh ada ikan warna-warni berjatuhan he he.

b 002

8. Tempel ikannya!
Ikan-ikanan ini juga bisa untuk main tempel-lepas. Karena Rayyaan sudah punya papan tulis mini yang bisa ditempeli magnet, jadilah ia tempelkan ikan-ikannya di papan itu. Supaya lebih seru, kita juga bisa meminta anak untuk menempel ikan dengan warna sesuai yang kita sebutkan (atau ikan dengan angka, huruf, atau tulisan tertentu).

9. Bungkus ikannya!
Setelah puas bermain dengan ikan-ikan, yuk bereskan mainanya. Siapkan sebuah plastik bersegel, lalu ajak si kecil memasukkan ikan-ikan itu ke dalam plastik. Beres-beresnya juga bisa sambil bermain, misalnya dengan menyebutkan warna ikan yang dimasukkan ke dalam plastik.

5 ways to play with a Magnetic Fishing Game
Color Games for Toddlers Part 5 — Colored Fishies!
Toddler Activities: Toddler Fish Pond

Iklan

4 pemikiran pada “Memancing Ikan Warna-Warni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s