Mengambil Mainan dengan Jepitan Roti

003
Sebagian kegiatan bersama anak memang memerlukan persiapan khusus. Main pancing ikan misalnya, kita harus membuat dan memotong ikannya lebih dulu lalu menempelinya dengan magnet. Kadang kita tak punya cukup waktu untuk membuat atau menyiapkan sesuatu. Namun ada kegiatan yang tak butuh banyak persiapan. Salah satunya adalah mengambil mainan dengan jepitan roti. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah kitchen tong atau jepitan dapur/jepitan roti dan beberapa mainan berukuran kecil serta sebuah wadah misalnya baskom kecil. Yang dilakukan anak adalah mengambil mainan tersebut dengan jepit roti dan memindahkannya ke dalam baskom.

004
Simpel sekali ya? Tapi  buat anak balita, kegiatan ini cukup menantang lho. Awalnya Rayyaan masih kesulitan menggunakan jepit rotinya. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya bisa juga. Kegiatan ini bisa melatih kekuatan jari-jari mungilnya karena ia harus memastikan mainan tersebut tetap terjepit sebelum akhirnya dipindahkan ke baskom. Jadi kegiatan ini bagus untuk melatih motorik halus anak. Selain itu kegiatan ini bisa membuat Rayyaan sibuk selama beberapa saat. Jadi kalau punya anak yang juga hobi lari ke sana kemari, untuk mengajaknya istirahat sejenak coba deh kegiatan ini.

002
Yang perlu diperhatikan adalah jepitan roti yang digunakan, pastikan pinggirannya tidak tajam supaya anak tidak terluka. Jepitan yang saya gunakan ini sudah lama dimiliki Eyangti. Milik saya yang lebih baru justru pinggirannya tajam sekali. Namun di pasaran juga ada jepitan roti yang pegangannya terbuat dari plastik atau dilapisi bahan silikon.

Sumber:

Block Activity for A Fine Motor Activity.

Iklan

4 pemikiran pada “Mengambil Mainan dengan Jepitan Roti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s