Perahu dan Spons

019

Akhir-akhir ini cuaca Bandar Lampung mulai memanas alias sudah mulai jarang hujan. Siang dan sore hari terasa deh gerahnya. Kalau cuaca panas, enaknya main air ya he he. Beberapa hari lalu saat Rayyaan bangun tidur siang, saya ajak ia main air sebentar di samping rumah. Main apa? Main perahu-perahuan dan spons. Perahunya saya buat dari kotak susu UHT yang sudah kosong. Sedotannya saya jadikan tiang layar. Karena kotaknya kosong, jadi bisa mengambang di air. Wadah airnya adalah sebuah baskom bersih.

Selain perahu-perahuan, yang jadi teman bermain Rayyaan adalah sebuah spons cuci piring. Spons ini sebenarnya tidak pernah dipakai untuk mencuci piring, memang saya beli khusus untuk Rayyaan. Saya pernah membaca bahwa meremas spons bisa melatih keterampilan motorik halus anak. Selain asyik main air, sebenarnya kegiatan ini ada sisi ilmiahnya (cieh bahasanya he he). Perahu dari kotak susu itu bisa mengapung karena bagian dalamnya berisi udara. Kalau spons bagaimana? Spons yang kering dan diletakkan begitu saja di air akan mengapung. Tapi kalau sudah dicelupkan ke dalam air dan diperas, sponsnya akan tenggelam karena sudah menyerap air. Oh iya supaya main airnya lebih asyik jangan lupa ajak Lightning McQueen kesayangan Rayyaan.

020

021

Iklan

2 pemikiran pada “Perahu dan Spons

  1. Hallo bapak/ibu… senang sekali bisa ketemu blog ini. sangat mendidik dan mengingatkan saya pada masa kanak kanak.. bisa sedikit nostalgia. Ada beberapa permainan yang belum ditemukan masa lalu, sekarang sudah lebih canggih tapi tidak meninggalkan kesederhanaannya… sukses selalu ya !
    Salam πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s