Menimbang Mainan

002
Suatu malam setelah sholat Maghrib, saya iseng mengecek berat badan dengan timbangan. Selain mau ikut-ikutan menimbang berat badannya, Rayyaan juga mau menimbang berat mainannya. Wah kalau pakai timbangan badan ya nggak ketahuan deh beratnya berapa he he. Mendadak saya punya ide untuk mengajak Rayyaan bermain dengan timbangan dapur. Langsung deh sibuk menimbang beberapa mainan di dekatnya, mulai dari mobil-mobilan sampai boneka Elmo (mana ya foto si Elmo?). Nah kalau jarum timbangannya lebih ke kanan, itu artinya lebih berat ya. Rayyaan bisa melihat bedanya saat ia menaruh sebuah mobil-mobilan, lalu ia tambahkan lagi dengan dua mobil-mobilan lain.

003

Dalam keseharian kalau menimbang sesuatu memang kita terbiasa menggunakan kata ‘berat’ ya. Misalnya “Berat terigunya 1 kilogram.”. Sebenarnya yang diukur bukan beratnya, tapi massanya. Kalau untuk mengukur berat yang digunakan harus neraca pegas. Bedanya berat dengan massa apa? Nyontek dari blog fisikanesia ya, sudah bertahun-tahun nggak nyentuh buku fisika hi hi.

Berat:
Berasal dari gaya tarik bumi.
Selalu berubah bergantung tempatnya.
Merupakan besaran vektor dan besaran turunan.
Satuan menurut SI adalah Newton (N).

Massa:
Berasal dari zat penyusun bendanya.
Selalu tetap tidak berubah di mana pun berada.
Merupakan besaran pokok dan besaran skalar.
Satuan menurut SI yaitu kilogram (kg).

001

Untuk Rayyaan sih saya belum menjelaskan sampai detil seperti itu ya hi hi. Saya sendiri juga terbiasa menyebut ‘berat’ kalau menimbang sesuatu. Tapi bersyukur beberapa hari lalu dapat ilham untuk mengajak Rayyaan main timbangan dapur. Saya jadi belajar (lagi) menginat pelajaran lama. Meski bukan berarti tiba-tiba kalau belanja kebutuhan dapur bilang begini ke penjualnya “Mas, berapa kilo nih massa gula pasirnya?” he he, setidaknya kalau main timbangan lagi bisa sedikit menjelaskan ke Rayyaan, kalau yang ditimbang sebenarnya adalah massa bendanya. Makin banyak mobil-mobilan yang ditambahkan ke timbangan, jarumnya makin bergerak ke kanan karena total massanya makin besar.

Sumber:

Fisikanesia.blogspot.com

Iklan

2 pemikiran pada “Menimbang Mainan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s