Suara Burung dan Jejak Pesawat di Pagi Hari

 012
Beberapa hari ini Rayyaan sedang agak batuk-batuk. Alhamdulillah sampai hari ini batuknya masih tanpa demam dan hidung meler. Sementara batuknya ditangai dengan terapi uap dan madu yang ada mintnya. Selain itu, Rayyaan juga diajak berjemur pagi-pagi supaya badan terasa lebih hangat. Pagi itu request pakai sepatu, nggak mau pakai sendal jepit. Dan as usual, kalau di halaman bocah ini maunya lari-lari. Ya berarti in syaa Allah memang tanda batuknya nggak parah ya jadi masih senang lari-lari.

Karena hari itu libur, jadi jalanan terbilang sepi dan kicauan burung jadi lebih terdengar. Bersyukur meski daerah kami makin lama makin ramai, masih ada burung yang mau datang, salah satunya burung kutilang. Ternyata burung kutilang memang punya kebiasaan berjemur dan mandi embun tiap pagi. Kebetulan Rayyaan sedang hobi bernyanyi lagu Burung Kutilang. Senang kalau Rayyaan bisa langsung melihat burung kutilang itu seperti apa. Meski bukan binatang langka, tapi kebayang nggak sih kalau suatu hari anak-anak cuma bisa melihat burung kutilang dari buku atau situs internet saja? Soalnya nih daerah ini dulunya banyak sekali pepohonan. Terasa sekali deh perbedaan dulu dan sekarang, ya itu dia sudah jarang mendengar suara burung, jangkrik, kodok atau hewan lain. Mungkin mereka masih ada, tapi suaranya kalah oleh suara kendaraan atau keramaian manusia.

004

Selain melihat burung kutilang dan mendengarkan kicauannya, Rayyaan juga melihat sebuah pesawat melintas di udara. Memang ada yang spesial? Bagi orang dewasa mungkin biasa saja, tapi bagi anak-anak meski sudah pernah naik pesawat, melihat pesawat itu ternyata tetap membahagiakan he he. Apalagi memang Rayyaan tertarik dengan alat transportasi. Nah yang beda dari pesawat yang melintas kemarin, ada jejak putih di belakangnya. Tapi itu bukan sisa asap pembakaran bahan bakar pesawat terbang lho.

013

Jejak itu akibat sayap pesawat dan gas buang yang panas dari pesawat membuat butiran es di angkasa yang dilintasi pesawat menguap (terkondensasi) sehingga menimbulkan jejak putih seperti asap. Lalu pesawat jet yang terbang rendah bagaimana? Itu karena bahan bakar pesawat jet adalah hidro karbon. Dalam pembakaran di mesin pesawat karbon menciptakan asap sedangkan hidrgoen keluar sebagai uap air dari mesin jet.

Sumber:

http://klikfisikaku.blogspot.com/2013/03/apa-sebenarnya-jejak-pesawat-di-angkasa.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kutilang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s