Melukis dan Membuat Kipas

002

Hari Rabu lalu ada yang bangunnya siang sekitar jam 7.30 sampai diledek Eyangti “Wah sekolahnya sudah mulai eh Rayyaan baru bangun,” he he. Yang diledek cuma bengong di gendongan Mama karena baru bangun. Kalau pagi-pagi nggak langsung diajak main biasanya bocah ini suka cari-cari perhatian. Pokoknya Mama perhatiin aku aja deh ya. Akhirnya Rayyaan saya ajak melukis di atas piring kertas dengan menggunakan pewarna makanan. Pewarna Baca lebih lanjut

Menyusun Balok Kayu

005

Salah satu mainan ‘klasik’ untuk balita adalah balok kayu warna-warni. Dulu saya juga punya. Sekarang so pasti sudah hilang semua he he. Rayyaan pernah saya buatkan balok-balokan dari kotak kosong yang dibungkus kertas warna-warni. Tapi ia tidak terlalu suka. Mungkin karena ‘balok’nya kosong dan kurang kokoh. Sementara dengan balok kayu ini, ia suka memainkannya. Baca lebih lanjut

Colorful Collage

IMG_8148

Aktivitas hari ini diawali dengan membuat kolase berwarna-warni dari kertas origami. Karena menyiapkan bahan-bahannya mendadak, jadi tidak ada foto saat Rayyaan menempel kertas warna-warninya he he. Mamanya sibuk menggambar bentuk dan menggunting kertasnya sih. Gambar yang saya buat adalah bentuk bunga, daun, bintang, burung, mobil-mobilan, dan hati. Baca lebih lanjut

Gambar Mobil Pertamaku

005
Salah satu hobi Rayyaan adalah corat-coret. Lihat deh hasil corat-coretnya Rayyaan di sini, masih berupa benang kusut he he. Lama kelamaan coretannya mulai berbentuk. Rayyaan bisa membuat gambar yang mirip bentuk oval meski masih mulus. Selain itu ia juga bisa membuat gambar ‘roda’. Jadi ceritanya beberapa kali saya membuat gambar kereta api atau mobil tanpa roda dan ia yang akan menambahkan rodanya. Baca lebih lanjut

Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak

002

Di Manado, Rayyaan suka sekali otak-atik karpet puzzlenya sampai akhirnya banyak bagian karpet yang kecil-kecil nyelip ntah ke mana. Di rumah Eyang tidak ada karpet puzzle yang bisa dibongkar pasang, jadi saya coba-coba membelikan Rayyaan sebuah papan puzzle. Papan puzzle pertama Rayyaan bertemakan angka. Jadi ada angka 1 sampai 10, juga ada keping puzzle bergmbar benda sejumlah angka-angka tersebut. Baca lebih lanjut

Muffin Tape Singkong ala Rayyaan

MUFFIN TAPE SINGKONG copy

Kemarin sore ada oleh-oleh dari Eyangti, tape singkong yang manis and yummy. Wah enak nih kalau sebagian dibuat kue. Yang mudah dibuat ya muffin. Jadi pagi ini sekalian deh ajak Rayyaan turun ke dapur Eyang. Sebelumnya Rayyaan pernah dikenalkan dengan masak-memasak tapi belum berminat. Mungkin karena cuma diajak membuat telur Baca lebih lanjut

Bermain Karpet Puzzle

004
Karpet puzzle itu menarik dan aman untuk anak-anak (soalnya empuk he he). Tapi kalau anak makin besar, resikonya adalah itu karpet dipreteli sama anak. Ya sebenarnya itu juga salah satu kelebihannya si, namanya juga karpet puzzle, memang bisa dijadikan mainan bongkar pasang. Yang jadi masalah kalau bagian-bagiannya disebar Baca lebih lanjut

Mana Gambar yang Sama?

001

Kartu gambar bis tingkat nih

Gambar bertema apa yang jadi favoritnya Rayyaan? Ya yang bertema alat transportasi. Sabtu lalu saat belanja mingguan kebetulan nemu flash card bergabar alat transportasi di Hypermart, tepatnya di rak-rak bagian alat tulis. Jumlahnya 8 pasang kartu bergambar double decker, truk, mobil, delman, sepeda, becak, motor, dan pesawat Baca lebih lanjut

Rayyaan Jualan Es Mambo?

005
Rayyaan lagi jualan es mambo ya? Bukaaaaan he he. Rayyaan sedang belajar tentang warna. Ceritanya saya merasa agak khawatir karena Rayyaan belum bisa menyebutkan warna suatu benda. Saya khawatir just in case ada sesuatu dengan penglihatannya. Sebenarnya sih kalau ada sekumpulan benda beraneka warna, dia sudah bisa bilang Baca lebih lanjut

Bermain dengan Peralatan Makan dan Minum

004
Salah satu cara melatih kecerdasan visual-spatial anak adalah dengan memperkenalkan benda-benda di sekitar kita pada anak. Benda apa yang yang sering dipakai dan dilihat anak? Pastinya banyak dong, diantaranya adalah peralatan makan dan minum. Sambil menemani makan dan minum kita memang bisa mengenalkan nama-nama Baca lebih lanjut